Wedang Jancok Minuman Rempah Bantu Tingkatkan Imun Tubuh

Muhammad Zainal Abidin peracik minuman jancok mengatakan pemberian nama tersebut merupakan singkatan dari jahe, kencur, jeruk, gula merah, dan serai.

Editor: Akira Tandika
SURYA/Tony Hermawan
Muhammad Zainal Abidin saat menyedorkan wedang jancok bagi pelangganya. 

SURYAWIKI, LUMAJANG - Menjaga daya tahan tubuh atau imunitas termasuk salah satu kunci mencegah terpapar virus Covid-19. Kita bisa memperkuat imun tubuh dengan mengonsumsi minuman tradisional.

Namun untuk membuatnya kita biasanya malas. Sebab biasanya jarang orang tahu resep yang pas untuk membuat minuman tradisional penguat imun.

Untuk itu, tak ada salahnya mencoba segelas minuman rempah-rempah yang dapat meningkatkan imun tubuh di Lumajang. Lokasi warungnya ada di sekitaran Jalan Alun-Alun Barat. Minuman itu diberi nama 'wedang jancok'.

Muhammad Zainal Abidin peracik minuman jancok mengatakan pemberian nama tersebut merupakan singkatan dari jahe, kencur, jeruk, gula merah, dan sereh. Kemudian, minuman racikan rempah-rempah itu ia beri nama wedang jancok, agar lebih mudah diingat pelangganya.

"Minuman ini dinamai jancok itu ya mohon maaf ini ngejar gampangnya saja. Arti dari jancok itu jahe, kencur, jeruk jadi pelanggan lebih gampang saja. Bukan jancok itu masalah jorok, bukan," kata Abi.

Abi membeberkan resep membuat wedang jancok cukup mudah. Pertama geprek semua jenis rempah yang telah disiapkan dan tuangkan ke dalam gelas. Kemudian tambah gula merah dan air panas. Jangan lupa tambahkan batang sereh agar aroma hangat keluar dari minuman. Selanjutnya minuman pun siap diseduh.

Iqbal Atiqson salah satu penggemar wedang jancok karena dirasa minuman ini mampu membuat tubuhnya merasa lebih segar.

"Pertama saya coba wedang jancok itu aromanya langsung ngena, rasa rempahnya itu terasa. Dan yang pasti langsung berkeringat. Saya rasa ini lebih aman jika dibandingkan konsumsi imunitas dari obat-obatan," ujarnya.

Sementara dr Bayu Wibowo Ignasius mengatakan, minuman rempah seperti ini memang sangat dianjurkan di masa pandemi. Sebab selain menyehatkan juga bisa menjadi nutrisi baik untuk menambah imunitas.

"Kita sudah punya tradisi minum jamu itu jadi silahkan dikonsumsi. Karena itu aman kalau diramu tanpa bahan tambahan," pungkasnya. (Tony Hermawan)

Sumber: Surya

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved