Wali Kota Kediri Kembangkan Belasan Program di Lima Bidang Unggulan

Untuk mewujudkan Kediri The Service City, Abdullah Abu Bakar telah membuat belasan program yang akan menunjang lima bidang unggulan di Kota Kediri.

Penulis: Akira Tandika
Editor: Akira Tandika
Tribunnewswiki/Akira Tandika
Hari Ulang Tahun ke-1142 Kota Kediri digelar secara berbeda. Bekerja sama dengan Harian Surya dan TribunJatim Network, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menggelar talkshow virtual bertajuk "Memperkuat Kota Kediri Sebagai Service City di Tengah Pandemi". 

SURYAWIKI, SURABAYA - Hari Ulang Tahun ke-1142 Kota Kediri sekaligus dimanfaatkan oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar untuk melakukan rebranding menjadi Kediri The Service City.

Untuk mewujudkan itu, pihaknya telah membuat belasan program yang akan menunjang lima bidang unggulan di Kota Kediri yakni, pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi, dan kependudukan.

Pada bidang pendidikan, Abdullah mencoba mengembangkan program english massive dan beasiswa Perguruan Tinggi. Program ini ditujukan untuk membantu masyarakat yang ingin mengenyam pendidikan tinggi, namun tidak mampu secara finansial.

Selanjutnya pada bidang kesehatan, program yang akan dikembangkan adalah Universal Health Coverage (UHC) untuk mendukung pemerintah pusat, dan layanan home care yang memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan fasilitas kesehatan tanpa perlu datang ke rumah sakit.

"Jadi pada program home care ini, kami akan menerjunkan tim kesehatan untuk datang ke rumah masyarakat," terang Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dalam Talkshow HUT ke-1142 Kota Kediri bersama TribunJatim Network, Senin (27/7/2021).

Sementara pada bidang sosial, Abdullah akan membagikan kartu sahabat yang berfungsi untuk membantu masyarakat di tengah kondisi pandemi seperti saat ini.

"Kami memberikan bantuan sebesar Rp 200 ribu per bulan untuk masyarakat. Memang sempat berhenti sebelumnya, karena prediksi kami pandemi sudah selesai. Tapi ternyata masih terus berjalan, maka kami juga akan menjalankan kembali bantuan tersebut," jelasnya.

Selain kartu sahabat, Abdullah juga memiliki program Si Jamal atau Batman, yang merupakan bantuan untuk warga yang melakukan isoman. Program ini merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan Pemkot Kediri bersama badan amil zakat yang tersebar untuk membantu masyarakat.

Selanjutnya, pada bidang ekonomi, Abdullah akan menjalankan Layanan Perijinan Prima yang dapat mempermudah pelaku usaha mendapatkan perijinan dengan investasi bertumbuh. Harapannya, dengan program ini dapat membantu mengembangkan pelaku UMKM untuk mampu berdaya saing.

"Sementara untuk usaha kecil dan belum bank-able, kami menyediakan layanan KURNIA, yang memungkinkan untuk masyarakat bisa mendapat modal dan pinjaman," tuturnya.

Untuk bidang kependudukan, Abdullah akan menggerakkan program layanan online pada sistem administrasi kependudukan, layanan drive-thru, home visit, dan layanan antar via pos.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved