Tanggap Penuhi Kebutuhan Pasien COVID-19, RS Manyar Medical Centre Gelar Donor Plasma Konvalesen

Rumah Sakit Manyar Medical Centre gelar event donor plasma konvalesen sebagai respon tanggap memenuhi kebutuhan pasien COVID-19 dengan keadaan kritis.

Penulis: Akira Tandika
Editor: Akira Tandika
SURYA/Ahmad Zaimul Haq
SCREENING - Petugas melakukan screening donor plasma konvalesen kepada karyawan RS Manyar Medical Center dan masyarakat, Kamis (29/7). Kegiatan itu untuk memenuhi kebutuhan darah plasma konvalesen yang menipis dan menunjang terapi penyembuhan pasien Covid-19. 

SURYAWIKI, SURABAYA - Rumah Sakit Manyar Medical Centre gelar event donor plasma konvalesen sebagai respon tanggap memenuhi kebutuhan pasien COVID-19 dengan keadaan kritis, Kamis (29/7/2021).

"Seperti yang kita tabu, beberapa waktu ke belakang kasus COVID-19 sempat meningkat. Paling parah adalah saat ada pasien yang datang ke rumah sakit dalam keadaan kritis. Jika sudah begitu, biasanya mereka akan terbantu dengan adanya donor plasma konvalesen," terang Kepala Bagian Pelayanan Medis RS Manyar Medical Centre dr Syamsul Affandi.

Namun, stok plasma konvalesen di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya juga tidak sama banyaknya dengan jumlah pasien yang kritis. Maka, untuk menjaga agar stok tersebut tetap aman, diadakan donor plasma konvelesen ini.

"Di RS MMC ini, bila ada pasien yang kritis, sehari bisa membutuhkan tiga hingga empat kantung," papar Syamsul.

Bekerja sama dengan PMI Kota Surabaya, event bertajuk "Yes We Care" itu diikuti oleh 50 peserta yang telah melakukan pendaftaran sejak dua pekan lalu.

Peserta itu terdiri dari staf RS MMC yang yang menjadi penyintas COVID-29, pasien RS MMC, serta masyarakat umum.

"Dari total 50 peserta yang terdaftar, mereka harus melewati tahapan screening terlebih dulu, untuk mengecek antibodi yang dimiliki oleh tubuh. Apakah di dala antibodi tersebut masih ada virus yang aktif atau tidak," jelasnya.

Syamsul melanjutkan, jika memang dalam antibodi tidak terdeteksi virus aktif, maka peserta bisa melakukan donor plasma konvalesen.

Sementara itu, untuk mengikuti donor plasma konvalesen  peserta harus memenuhi beberapa persyaratan seperti, pedonor harus minimal berusia 18 tahun, maksimal 60 tahun dengan berat badan lebih dari 55 kilogram. Kemudian pernah terkonfirmasi COVID-19 minimal 14 hari setelahnya dengan melampirkan lembar atau bukti hasil SWAB atau PCR negatif.

"Pedonor juga diutamakan laki-laki atau perempuan yang belum pernah hamil dan sudah pernah mendonorkan darah. Juga, untuk calon pedonor yang sudah menerima vaksin, harus menunggu hingga 14 hari setelah mendapatkan vaksin," tambah Direktur Medis dan Pemasaran RS Manyar Medical Centre dr Wahyu Wibawanto MKes.

Ke depan, RS Manyar Medical Centre akan kembali menggelar kegiatan serupa lebih rutin.

"Kami ingin melalui event ini, tak hanya menggerakkan masyarakat untuk melakukan donor, tapi juga rumah sakit lain agar memberikan fasilitas bagi para pedonor," tutup Syamsul.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved