Bektienadila Kusumastuti, Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Berprestasi

Bektienadila Kusumastuti mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga. Dia Duta Generasi Berencana (GenRe) Jatim

Penulis: sulvi sofiana
Editor: sulvi sofiana
istimewa
Bektienadila Kusumastuti, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga. Juara 3 Putri Duta Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Jawa Timur Tahun 2021 

SURYA WIKI, Surabaya - Bektienadila Kusumastuti atau yang akrab disapa Dila mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dalam mengedukasi remaja berhasil membuatnya meraih gelar Juara 3 Putri Duta Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Jawa Timur Tahun 2021 yang disiarkan melalui platform youtube pada Jumat (16/07/2021).

Ajang yang diadakan oleh Insan GenRe Jawa Timur di bawah naungan BKKBN tersebut bertujuan untuk melahirkan figur motivator bagi para remaja. 

Dila mengaku, tidak menyangka dapat melaju ke seleksi tingkat provinsi. Sebelumnya, Dila telah menyabet Juara 1 Putri Duta GenRe Kabupaten Tulungagung.

Sebelum ikut duta GenRe, Dilla aktif di organisasi PIK-R (Pusat Informasi Komunikasi Remaja) di desaku. Program kerja yang aku punya sampai saat ini adalah Karsa (Karawitan Bersama Remaja) untuk pengembangan life skill mereka.

PIK-R sendiri merupakan program GenRe yang bertujuan untuk memperdayakan dan menuntut remaja berperan aktif. 

Selain itu, GenRe juga memiliki program Bina Keluarga Remaja (BKR) yang bertujuan mengedukasi keluarga tentang cara mendidik dan membimbing anak yang beranjak remaja.

Dila juga berbagi tentang perjalanan dirinya sampai ke titik tersebut tidaklah mudah. 

Ada tangis, sedih, lelah, marah, sekaligus senang di dalamnya. Apalagi, ia merupakan mahasiswa semester 6 yang tengah sibuk-sibuknya. 

Namun, semua hal itu terbayar manis berkat keyakinannya yang terus berusaha dan berjalan maju.

Ia mengaku, selama mengikuti kegiatan tersebut, mindset yang ditanamkan kepadanya adalah menjadi duta bukan sekadar kompetisi atau lomba. 

Menjadi juara adalah sebuah bonus. Namun, pointnya adalah melalukan aksi nyata, berkontribusi dan mengabdi pada masyarakat. Terus berkarya dan menginspirasi banyak orang khususnya, remaja lain. Karena Duta GenRe itu “setahun menjabat, seumur hidup menginspirasi”

Ke depannya, Dila berencana ingin terus melanjutkan program GenRe dan terus berkontribusi, serta mengabdi, tidak hanya di wilayah desa, kabupaten, tetapi di Provinsi Jawa Timur. 

Ia juga berharap dapat bermanfaat dan menginspirasi banyak orang.

(Sulvi Sofiana)
 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved