Dinas Kesehatan Sumenep Imbau Ibu Hamil dan Menyusui Tingkatkan Imunitas Tubuh

Ibu hamil dan menyusui rentan terpapar Covid-19 perlu mendapat pelayanan optimal dari puskesmas dan meningkatkan imunitas selama pandemi.

Editor: sulvi sofiana
Canva
Ilustrasi ibu hamil 

SURYA WIKI, Sumenep - Ibu hamil dan menyusui rentan terpapar Covid-19, untuk itu Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep menghimbau agar ibu hamil dan menyusui menjaga pola hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan bayinya di masa pandemi Covid-19.

Hingga bulan Agustus tahun 2021 ini, data yang tercatat di Dinkes Kabupaten Sumenep jumlah ibu hamil dan menyusui jumlahnya cukup besar, yakni kurang lebih 45 ribu orang.

Kepala Dinkes Sumenep, Agus Mulyono, mengatakan bahwa dari jumlah tersebut ada sekitar 60 ibu hamil dan menyusui yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Syukur Alhamdulillah ya sebagian besar dari mereka dapat diselamatkan," kata Agus Mulyono, Selasa (3/8/2021).

Bagaimana untuk mencegah potensi terjadinya risiko tinggi yang menimpa ibu hamil maupun ibu yang menyusui akibat terpapar Covid-19 tersebut, Agus Mulyono mengaku jika pihaknya sudah menyiapkan beberapa layanan di tingkat Puskesmas.

"Salah satunya "Gepi Dapil Risti", yaitu Gerakan Peduli Ibu dan Pendampingan Ibu Hamil Risiko Tinggi. Ini yang kami lakukan di Pukesmas-Puskesmas. Misalnya ada di Pasongsongan. Ada juga pelayanan-pelayanan lain di Puskesmas-Puskesmas lainnya," katanya.

Dengan adanya beberapa layanan tersebut, pihaknya berharap semua ibu hamil dan menyusui dapat terlayani dengan baik meski di masa pandemi Covid-19.

"Sehingga nanti bagi anak dan ibunya sama-sama sehat," ucapnya.

Selain itu, Agus Mulyono mengimbau kepada para ibu hamil dan menyusui agar senantiasa menjaga pola hidup sehat dengan memperbanyak istirahat, makan makanan bergizi, berpikir positif, dan selalu bahagia bersama keluarga.

"Pada masa seperti sekarang ini, imun penting untuk dijaga, sambil terus meningkatkan iman kita. Jangan lupa selalu berdoa sesuai keyakinan masing-masing agar kita senantiasa dihindarkan dari pandemi ini," tuturnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved