IDI Tuban Jelaskan Kondisi Ibu Hamil Tidak Boleh Vaksin

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tuban ibu hamil boleh tidak vaksin Covid-19 pada komdisi tertentu.

Editor: sulvi sofiana
SURYA
Masyarakat Tuban saat menjalani vaksinasi Covid-19. (Mochamad Sudarsono) 

SURYA WIKI, Tuban - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tuban ibu hamil boleh tidak vaksin Covid-19 pada komdisi tertentu.

Meskipun berdasarkan surat edaran Kementerian Kesehatan melalui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil (bumil) kini dibolehkan.

Ketua IDI Cabang Tuban, dr A Syaifuddin Zuhri SpOG menjelaskan tidak semua ibu hamil boleh divaksin, terdapat pengecualian yang menggugurkan vaksinasi tersebut.

 

Sedang Sakit

"Ibu hamil yang dikecualikan tidak divaksin yaitu sedang sakit,"ujarnya, Minggu (8/8/2021).

Terutama dengan gejala covid-19 seperti panas, batuk, pilek, sesak, hilang atau berkurangnya indera perasa dan pembauan, juga dengan gejala lain misalnya gangguan pencernaan.

Riwayat Alergi Komponen Vaksin

Selain itu ada riwayat alergi komponen vaksin. Untuk itu, sebelum divaksin ibu hamil akan menjalani proses screening terlebih dulu oleh vaksinator.

Hamil Dibawah 12 Minggu

Masih kata Zuhri, vaksinasi bagi bumil dapat diberikan pada usia kehamilan antara 12-33 minggu, sebagaimana rekomendasi dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

 

Vaksinasi untuk ibu hamil ini nantinya akan diberika dua kali dosis. Dan diprioritaskan pada mereka dengan risiko paparan tinggi, bahkan jika memungkinkan seluruh ibu hamil mendapatkan vaksinasi.

Sebab, lebih berbahaya apabila ibu hamil terpapar virus corona daripada reaksi akibat vaksinasi.

Bahkan, bumil yang terkena covid-19 cenderung mengalami gangguan lebih berat dibandingkan yang tanpa kehamilan.

"Jika sudah divaksin harus tetap menjalankan protokol kesehatan 5 M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air bersih, menjaga jarak aman, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas," pungkasnya


(Mochamad Sudarsono)

 

 

 

 

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR
1423 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved