Rumah Sakit Ibu dan Anak Kendangsari Merr Buka Layanan Drive Thru Vaksinasi Dasar dan Lanjutan Anak

Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kendangsari Merr membuka Layanan Drive Thru Vaksinasi Dasar dan Lanjutan Anak, Selasa(10/8/2021).

Editor: sulvi sofiana
SURYA
Salah satu anak pasien Rumah Sakit Ibu dan Anak Kendangsari Merr sedang mengikuti vaksinasi dasar dan lanjutan, Selasa (10/8/2021). (Febrianto Ramadani) 

SURYA WIKI, Surabaya- Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kendangsari Merr membuka Layanan Drive Thru Vaksinasi Dasar dan Lanjutan Anak, Selasa(10/8/2021).

Hal ini sebagai upaya meningkatkan cakupan imunisasi anak yang selama pandemi menurun.

Di Jawa Timur misalnya yang masih belum tercapai target imunisasi dan kunjungannya juga menurun. Untuk itu pelayanan imunisasi coba diberikan dengan mengantisipasi sesuai dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia.

"Penurunan cakupan imunisasi di Jatim pada tahun 2020 cukup signifikan. Sekitar 40 persen. Kalau menurun dan terjadi keterlambatan bisa menimbulkan wabah," papar Dokter Spesialis Anak dan Konsultan RSIA Kendangsari Merr, dr Dini Adityarini SpA.

Salah satu anak pasien Rumah Sakit Ibu dan Anak Kendangsari Merr sedang mengikuti vaksinasi dasar dan lanjutan, Selasa (10/8/2021).(Febrianto Ramadani)
Salah satu anak pasien Rumah Sakit Ibu dan Anak Kendangsari Merr sedang mengikuti vaksinasi dasar dan lanjutan, Selasa (10/8/2021).(Febrianto Ramadani) (SURYA)

Ciptakan Rasa Aman dan nyaman

Dokter Dini mengatakan, adanya pandemi ini banyak masyarakat yang merasa takut pergi ke fasilitas pelayanan kesehatan, dengan alasan takut tertular dan lain sebagainya.

"Untuk membuat rasa aman. Baik datang untuk imunisasi maupun dari para pelayan kesehatan. Kami mengadakan drive thru atau vaksin tanpa turun. Jadi hanya beberapa menit," ujarnya.

Screening Sehari Sebelum Vaksin

Vaksinasi, lanjut dr Dini, yang diberikan sesuai jadwal masing masing pasien yang sudah ditentukan. Jadi untuk screening, sudah dilakukan sehari sebelumnya lewat Telemedicine. Sehingga bisa mengetahui kondisi pasien.

Imuniasi ini diharapkan memberikan kekebalan antibodi terhadap suatu penyakit, ini ada rentang waktunya jadi sekarang harus sesegera mungkin.

Sumber: Surya

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved