Warga Non NIK Lumajang Bisa Ikut Vaksinasi Covid-19 Di Lumajang, Ini Syaratnya

Vaksinasi Covid-19 warga Lumajang yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) tetap dapat dilakukan di Lumajang.

Editor: sulvi sofiana
tribun jatim/luthfi husnika
Proses vaksinasi Covid-19 di National Hospital Surabaya, Jumat (15/1/2021). Proses vaksinasi Vaksin Sinovac ini dilakukan dalam dua sesi, sesi pertama pukul 08.00-11.00 WIB dan sesi kedua pukul 13.00-17.00 WIB. 

SURYA WIKI, Lumajang - Vaksinasi Covid-19 saat ini bisa dilakukan di wilayah domisili, seperti warga Lumajang yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) tetap dapat  divaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, dr Bayu Wibowo Ignasius mengatakan, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Surat Edaran nomor HK.02.02/III/15242/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 bagi Masyarakat Rentan dan Masyarakat Lainnya yang Belum Memiliki Nomor Induk Kependudukan.

Surat Edaran itu ditujukan kepada seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten, dan Kota agar bersedia melayani vaksinasi bagi warga yang belum memiliki NIK.

Hubungi Dispendukcapil

"Itu ada regulasinya dari Kementerian Kesehatan apabila ada sasaran yang belum memiliki NIK segera menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil). Petugas Dukcapil mendata masyarakat yang tidak memiliki NIK untuk dibuatkan NIK baru lalu datang ke gerai vaksinasi," katanya.

Diketahui, enam bulan sudah program vaksinasi berjalan di Lumajang. Dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, sebanyak 605.312 dosis vaksin yang sudah disuntikan kepada masyarakat.

Sesuai Ketersediaan Vaksin

Lebih lanjut, ia mengatakan suntik vaksin bakal dilakukan sesuai ketersediaan pasokan yang ada. Diprediksi, program vaksinasi Covid-19 akan dituntaskan pada pertengahan tahun 2022.

"Targetnya vaksinasi terus ada, tapi tergantung pasokan vaksin, sampai tahun depan ada terus," pungkasnya.

(Tony Hermawan)

Sumber: Surya

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved