Kenali Penyebab Ban Mobil Kempis Saat Jarang Jarang Digunakan

Mengontrol kondisi udara pada ban merupakan hal yang penting, untuk itu perlu diketahui penyebab ban kempis saat mobil tidak digunakan.

Editor: sulvi sofiana
SURYA
Ilustrasi pengecekan ban mobil. 

SURYA WIKI, SURABAYA - Mengontrol kondisi udara pada ban merupakan hal yang penting dan menjadi rutinitas. Tetapi bagaimana mengontrol tekanan udara ban dengan seksama disaat PPKM seperti saat ini, dimana mobil cenderung jarang digunakan.

Berikut sebab ban mobil pasti kempis sendiri dan cara mudah mencegahnya ala Auto2000 :

Udara Keluar Lewat Pori-pori Ban

Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara menjelaskan, penyebab yang pertama ban mobil yang kempis sendiri adalah karena ban mobil memiliki pori-pori.

Bahan dasar utama ban mobil adalah karet alami yang memiliki pori-pori sangat halus dan tidak kelihatan oleh mata.

Udara di area bertekanan tinggi akan selalu mengalir ke area yang tekanannya lebih rendah sehingga membuat udara di dalam ban dapat keluar lewat pori-pori ban yang sangat kecil tersebut.

"Apalagi jika mobil berdiam di satu posisi dalam jangka waktu lama, seperti saat parkir di rumah di masa PPKM," ujar pria yang akrab disapa Tara itu, Kamis (12/8/21).

 

Suhu Lebih Dingin

Kata dia, hukum fisika menyatakan bahwa di dalam ruang tertutup dan volume dijaga tetap, maka tekanan gas sebanding dengan suhu gas.

Sumber: Surya

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved