Peneliti Rekomendasikan Tanaman Herbal Untuk Jaga Imunitas dan Terapi Uap Covid-19

Peneliti Laboratorium Balai Penelitian Konsultasi Industri Surabaya, Munadjim merekomendasikan sejumlah tanaman herbal untuk meningkatkan imun.

Editor: sulvi sofiana
SURYA WIKI
Candra Irawan salah satu penyintas Covid-19 saat menggunakan terapi uap dari tanaman herbal.(Sulvi Sofiana) 

SURYA WIKI, Surabaya - Tanaman herbal telah diteliti memiliki bermacam kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan jika digunakan sesuai fungsinya.

Peneliti Laboratorium Balai Penelitian Konsultasi Industri (BPKI) Surabaya, Munadjim merekomendasikan sejumlah tanaman herbal untuk digunakan sebagai peningkat imunitas dan terapi saat terpapar Covid-19.

Iapun merekomendasikan beberapa cara dalam menggunakan tanaman herbal, seperti diminum ataupun digunakan sebagai terapi uap.

Diminum

Untuk tanaman herbal yang diminum, ia merekomendasikan daun mint, jinten hitam, kayu manis, kunir, jahe merah, dan jeruk lemon.

Bahan herbal untuk diminum
Bahan herbal untuk diminum (SURYA WIKI)

Seluruh bahan itu juga direbus ke dalam sebuah kuali atau panci. Kemudian, setelah matang ditaruh dalam gelas dan diberi potongan jeruk lemon.

"Saya pernah membaca jurnal, kalau ingin sehat setiap saat dan setiap hari, harus berkeringat selama dua jam. Dan jahe merupakan salah satu herbal yang bisa memicu keringat ini,"tegasnya.

 

Direbus atau Disuling

Untuk terapi uap, Munadjim mengungkapkan cocok dipakai bagi yang mengalami gangguan pernafasan, mulai dari batuk pilek ataupun saat kehilangan indra penciuman (anosmia).

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved