Aplikasi Sahaja Online Mudahkan Layanan Pendudukan dan Sipil Warga Kabupaten Kediri

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana Launching Aplikasi Sahaja Online untuk Permudah Layanan Masyarakat Bidang Pendudukan dan Sipil

Editor: sulvi sofiana
SURYA
Hanindhito Himawan Pramana saat melaunching aplikasi Sahaja Online di Pendapa Panjalu Djayati Selasa (24/8/2021). (Farid Mukarrom) 

SURYA WIKI, Kediri - Sahaja Online merupakan untuk mempermudah kepengurusan surat kependudukan serta mengurai antrian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Kediri.

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana telah meluncurkan aplikasi yang bisa diunduh melalui Play Store di Pendopo Panjalu Jayati, Selasa (24/8/2021).

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Dodi Purwanto, Wakil Bupati Dewi Maria Ulfa, dan kepala SKPD dan diikuti secara virtual oleh Camat dan Kepala Desa secara virtual.

Sudah Dijalankan Lima Kecamatan

Saat ini aplikasi ini telah dijalankan di lima Kecamatan. Rencananya Pemkab Kediri juga menargetkan delapan Kecamatan lain yang dapat melayani aplikasi sahaja lekat.

“Kita targetkan untuk Sahaja Lekat ini, akhir tahun sudah ada 13 Kecamatan. Sedang Aplikasi Online ini bisa diakses di Android sebagai pilihan lain,” ucap pria yang akrab disapa Mas Bup ini

Selain itu karena animo masyarakat dalam mengurus surat kependudukan di kecamatan ini sangat besar, diharapkan dapat mengurus di Kecamatan terdekat di antara 5 Kecamatan yang telah melayani Sahaja Lekat,

“Saya harap bisa mengurus di kecamatan terdekat dari 5 kecamatan yang sudah berjalan atau bisa menggunakan aplikasi ini,” harap Mas Bup.

Mudahkan Warga Kediri Yang Ada di Luar Kota

Menurut Bupati Kediri,Hanindhito Himawan Pramana, aplikasi Sahaja ini sangat berguna bagi masyarakat Kabupaten Kediri yang bekerja di luar kota ataupun yang tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke Dispendukcapil.

“Untuk warga yang sibuk bekerja atau mungkin kerja di luar kota, dengan aplikasi ini mereka tidak perlu lagi mengurus langsung ke kecamatan maupun kantor Dispenduk,” ujar Putra Menseskab Pramono Anung ini.

Secara teknis, masyarakat dapat mencetak surat kependudukan sendiri dari rumah kecuali untuk Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

(Farid Mukarrom)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved