Mahasiswa Unesa Olah Cangkang Telur Jadi Losion Perawatan Kulit

Potensi limbah cangkang telur yang melimpah mendorong untuk mengolahnya sebagai bahan perawatan kulit berupa lotion.

Editor: sulvi sofiana
SURYA
Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) UNESA yang terdiri dari Irgy Redityo Dawana, Sayyidah Anni’matus Sakdiyah Al-Lathifah, Alisa Arrizkiyah, dan Nila Apriliyanti memamerkan produk Locate (perawatan kulit dan losion) hasil olahan dari limbah cangkang telur. 

SURYA WIKI, Surabaya - Limbah cangkang telur dilihat dari tingkat konsumsi telur di Indonesia saat ini mencapai 1,7 juta ton.


Limbah sebanyak itu tentunya akan berdampak signifikan terhadap lingkungan. 


Karena itulah, Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) UNESA yang terdiri dari Irgy Redityo Dawana, Sayyidah Anni’matus Sakdiyah Al-Lathifah, Alisa Arrizkiyah, dan Nila Apriliyanti terdorong untuk mengolah limbah cangkang telur.


Satu diantaranya menjadi bahan perawatan kulit atau losion yang diberi nama Locate.

Kemasan lotion cangkang telur
Kemasan lotion cangkang telur (SURYA)


Irgy Redityo Dawana menceritakan ide tersebut bermula dari keresahan mereka terhadap banyaknya limbah makanan, termasuk cangkang telur. 


Belum lagi, lanjutnya, jika melihat data BPS 2020, produksi telur mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. 


Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI mencatat potensi produksi telur ayam 2020 sekitar 2 juta ton. 


“Kan berakhir limbah, terus mau dikemanakan? Tempat pembuangan akhir (TPA, red) makin menggunung,” tukasnya.


Dia dan rekan-rekannya dari prodi S-1 Pendidikan Fisika Unesa melakukan kajian dan banyak berdiskusi baik dengan pembimbing maupun dengan dosen lain seputar jenis limbah yang bisa dimanfaatkan beserta kandungan dan cara pengolahannya. 


Salah satu yang mereka temukan adalah cangkang telur ternyata memiliki banyak kandungan, tetapi masih jarang dimanfaatkan.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved