Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Beri Edukasi Kesehatan Reproduksi Pada Santri

Tiga mahasiswa S1 Fakultas Kedokteran dan pasca sarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair datang dan memberikan edukasi tentang Kesehatan reproduksi

Editor: sulvi sofiana
SURYA WIKI
Pemberian edukasi kesehatan reproduksi oleh mahasiswa dan dosen FK Unair pada santri putri di pondok pesantren Al Izzah Batu. Dokumen pribadi 

SURYA WIKI, Surabaya - Tiga mahasiswa S1 Fakultas Kedokteran dan pasca sarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga datang dan memberikan edukasi tentang Kesehatan Reproduksi .

Yaitu Cahyani Tiara, Safa Salsabila dan Nur Anisah R yang sedang melakukan program pengabdian masyarakat pada santri putri di Pondok Pesantren Al Izzah Batu.

Di pondok, saat jauh dari orang tua, masa penting kesehatan reproduksi memang perlu pendampingan yang baik.

Pengetahuan tentang menstruasi, pubertas, keputihan dan hal lain masih menjadi tanda tanya bagi santri putri yang baru mengalami akil baligh.

"Karenanya, sebagai insan akademis, kami mempunyai kwajiban untuk memberikan ilmu yang bermanfaat bagi santri putri, Dan para mahasiswa yang aktif dan kreatif juga diharapkan berperan" ungkap Dr dr Eighty Mardiyan K SpOG (K), dosen pembimbing kegiatan pengabdian masyarakat kali ini.

Tiara, Fasha dan Anisah bergantian memberi materi tentang pubertas, menstruasi dan keputihan pada 235 santri putri SMP Al Izzah.

Antusiasme santri putri cukup besar, terlihat dari banyak pertanyaan diajukan.

Terutama tentang haid yang tak kunjung datang, nyeri haid maupun haid berkepanjangan.

Sementara, santri yang lain juga mengeluhkan temannya yang menjadi badmood, mudah tersinggung dan sensitif.

Selain edukasi, dr Eighty juga melayani pemeriksaan 16 santri yang memiliki keluhan.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved