PTPN XII Ekspor Perdana 18 Ton Kopi Arabika Senilai Rp1,5 Miliar ke Inggris

PT Perkebunan Nusantara (PTPN)XII, melepas keberangkatan kontainer berisi kopi Arabika yang diekspor ke Inggris, Selasa (7/9/2021).

Editor: sulvi sofiana
PTPN XII
Pelepasan ekspor perdana 18 ton kopi arabika yang dilakukan PTPN XII dengan negara tujuan Inggris, di kawasan pergudangan Kalimas, Selasa (7/9/2021). 

SURYA WIKI - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII, melepas keberangkatan kontainer berisi kopi Arabika yang diekspor ke Inggris, Selasa (7/9/2021) di kawasan Gudang Kalimas Surabaya.

Ekspor perdana kopi Arabika tersebut berjumlah 18 ton dengan nilai Rp 1,5 miliar.

Hasil Panen tahun 2021

Direktur PT Perkebunan Nusantara XII, Siwi Peni, mengatakan, kopi Arabika yang diekspor ke Inggris itu merupakan hasil panen musim panen 2021.

"Jadi merupakan kopi Arabika panenan terbaru di musim panen yang dilakukan sejak Juli 2021 hingga September 2021 ini," kata Siwi Peni.

Diakui Siwi, ekspor kopi Arabika ini merupakan tantangan tersendiri bagi PTPN XII ditengah pandemi Covid 19.

Miliki Pelanggan Loyal

Dengan kondisi pasar dunia untuk komoditas kopi yang masih mengalami penurunan permintaan dan pembeli banyak yang memilih wait and see, PTPN XII tetap bisa melakukan ekspor.

"Sebenarnya kami sudah ada pasar ekspor dengan memiliki pelanggan loyal di negara-negara Eropa, Asia maupun Amerika Serikat. Namun dalam ekspor kali ini, perdana untuk memenuhi permintaan buyer dengan destinasi pelabuhan tujuan ke Teesport United Kingdom," jelas Siwi.

Sampai saat ini, kopi merupakan salah satu tanaman utama PTPN XII dengan total areal seluas 8.985,89 hektare (ha).

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved