Dr Erwin Astha Triyono Dilantik Sebagai Kepala Dinas Kesehatan Jatim Usai Tangani Pasien di RSLI

Dr dr Erwin Astha Triyono SpPD KPTI FINASIM menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Jawa Timur.

Editor: sulvi sofiana
SURYA/SULVI SOFIANA
dr Erwin Astha Triyono di tahun 2017 

SURYA WIKI, Surabaya - Dr dr Erwin Astha Triyono SpPD KPTI FINASIM menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Jawa Timur menggantikan Plt Kadinkes Jatim, Dr Kohar Hari Santoso.

Sebelumnya, dr Erwin memmiliki jabatan struktural adalah Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan RSUD Dr Soetomo.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengambil sumpah dan melantik dokter berusia 52 tahun ini bersama lima Pejabat di Lingkungan Pemerintah Provinsi, Gedung Negara Grahadi Kota Surabaya, Rabu (15/9/2021).

Dr Erwin Ashta Triyono, saat diambil sumpah dan dilantik sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Gedung Negara Grahadi Kota Surabaya, Rabu (15/9/2021).
Dr Erwin Ashta Triyono, saat diambil sumpah dan dilantik sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Gedung Negara Grahadi Kota Surabaya, Rabu (15/9/2021). (SURYA)

Pelantikan ini dilakukan setelah Seleksi Terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) yang dibuka sejak tanggal 3 Agustus 2021.

“Doakan saya bisa menjalankan amanah ini dengan baik, bantu saya untuk memberikan layanan kesehatan terbaik utamanya untuk masyarakat Jawa Timur," harap dokter Erwin, dalam keterangan pers, Rabu (15/9/2021).

Sejak merebaknya Covid-19, dokter Erwin dipercaya sebagai direktur RSLI Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya akhir Juni 2020.

Setelah diserahkan pengelolaannya pada Kogabwilhan II, dirinya dipercaya sebagai Konsultan RSLI dan tetap sebagai Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) RSLI.

Dr Erwin Ashta Triyono, ketika bertugas di Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya
Dr Erwin Ashta Triyono, ketika bertugas di Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya (SURYA)

Hingga saat ini ia masih terus memantau dan memberikan bimbingan bagi dokter dokter muda di RSLI untuk menangani pasien Covid 19.

Dokter Erwin juga masih menyempatkan diri untuk memimpin morning report RSLI, sebagai ajang unjuk gigi, evaluasi dan peningkatan kapasitas semua personil.

Laksamana Pertama dr Ahmad Samsulhadi MARS, Penanggung Jawab RSLI, mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian dan kepercayaan serta amanah yang diraih oleh Dokter Erwin.

Ia sangat bangga dan tentunya berita gembira ini pun memberikan nilai yang cukup berarti bagi RSLI.

“Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada dr Erwin atas amanah menjadi Kadinkes Provinsi Jatim. Semoga tuhan memberikan kemudahan, kelancaran, dan keberkahan dalam bertugas,” ucap dokter Samsulhadi.

Hal senada disampaikan oleh Radian jadid, Ketua Pelaksana Program Pendampingan keluarga Pasien Covid 19 RSLI.

Jadid mengapresiasi kerja cerdas dan ikhlas Dr Erwin selama pandemi. Menurutnya, sudah saatnya orang seperti Dr Erwin ini diberikan kesempatan dan dukungan untuk memimpin Dinas Kesehatan Jawa Timur.

"Saya sangat mengapresiasi dan tidak meragukan lagi integritas dan komitmen Dr. Erwin dalam memberikan layanan kesehatan dan kemanusiaan. Semoga amanah dan barokah dalam menjalani mengabdikan dirinya untuk kemaslahatan masyarakat," harap Jadid.

Dr Erwin bukanlah orang baru dalam penanganan penyakit infeksius. Sebagai spesialis penyakit dalam, ia juga pernah berjibaku dan menjadi garda depan dalam penanganan HIV/AIDS di Jawa Timur.

Hingga tahun 2014 ia pernah memimpin Unit Perawatan Intermediate Penyakit Infeksius (UPIPI) RSUD Dr Soetomo yang saat itu banyak menangani pasien dengan HIV/AIDS.

Dokter Erwin mengakui, penanganan HIV/AIDS tidak hanya menyangkut permasalahan medis saja,namun permasalahan non-medis juga sangat berpengaruh terhadap kondisi pasien.

Beruntung,ia sangat terbantukan oleh adanya relawan peduli HIV/AIDS pada saat itu.

Begitu pula saat penanganan pasien Covid 19. Sejak awal membidangi RSLI maupun RSDLB, ia pun menyadari akan pentingnya faktor non medis dalam penanganan pasien Covid 19.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved