Pelatihan Dokter Cilik 2021 : Latihan Menulis Lewat Jurnal

pelatihan Dokter Cilik 2021 mengajak siswa memahami dan belajar menulis jurnal lewat membuat DIY Jurnal. Bahkan menyediakan kompetisi membuat jurnal.

Editor: sulvi sofiana
SURYA/SULVI SOFIANA
Pelatihan Dokter Cilik 2021 Membuat DIY Jurnal secara daring, Sabtu (25/9/2021). 

 
Pelatihan Dokter Cilik 2021 : Latihan Menulis Lewat Jurnal


SURYA - Salah satu cara untuk melatih kemampuan menulis adalah dengan menulis jurnal. 


Untuk itu, pelatihan Dokter Cilik 2021 mengajak siswa memahami dan belajar menulis jurnal lewat membuat DIY Jurnal. Bahkan menyediakan kompetisi membuat jurnal Dokter Cilik 2021. 


Maria Victoria Ludony, pemateri pelatihan sekaligus owner dan Founder Preciousgift NTT menjelaskan jurnal adalah tulisan yang dapat menggambarkan pikiran dan perasaan seseorang agar dapat dipahami secara lebih jelas. Dan menulis jurnal adalah wadah untuk melatih ketrampilan menulis.


" Manfaat menulis jurnal sebenarnya ada banyak. Beberapa diantaranya membantu membuat perencanaan, sebagai pengingat, mengidentifikasi emosi, media belajar dan meningkatkan kemampuan menulis,"urainya dalam pelatihan daring yang diikuti 60 peserta Sekolah Dasar dari Surabaya, Malang, Gresik, dan Sidoarjo beserta orang tua dan guru pendamping, Sabtu (25/9/2021).


Iapun mengenalkan jenis jurnal yang bisa dibuat anak-anak. Mulai dari jurnal alam yang berhubungan dengan cerita tentang keadaan alam seperti di kebun, hutan ataupun pantai.


Ada pula jurnal harian yang menceritakan kegiatan berhari-hari. Dan terakhir yaitu jurnal liburan berisi kisah selama menghabiskan liburan.


"Tips membuat jurnal terlebih dahuku tentukan tema jurnal, kemudian ceritakan secara detail. Jangan lupa tambahkan foto atau gambar yang berhubungan dengan jurnal hingga hiasan agar jurnal menarik dibaca. Paling penting kerjakan jurnal dengan hati gembira,"paparnya.


Setelah memaparkan penjelasan tentang jurnal, Maria mengajak para peserta mengisi dan menghias jurnal Dokter Cilik.  Mulai dari menceritakan pengalaman selama pelatihan dokter cilik hingga menghiasnya dengan beragam stiker.


"Jangan takut salah saat emmbuat jurnal, karena ini merupakan hasil kreativitas kalian,"tuturnya 


Ester Handriyani, host pelatihan Dokter Cilik 2021 mengungkapkan usai pelatihan, peserta bisa mulai mencoba membuat jurnal dan berkompetisi membuat DIY Jurnal Docil.


"Peserta bisa  membuat catatan dari setiap workshop dalam bentuk jurnal dengan kreasi masing-masing peserta yang nantinya dikumpulkan dalam bentuk hardcopy,"paparnya.


Untuk teknis kompetisi, Ester menjelaskan peserta bisa mengambil materi dari pelatihan selama bulan september hingga 23 Oktober 2021 mendatang.


Kemudian Jurnal dibuat menggunakan kertas buffalo ukuran A4 warna putih atau warna lainnya asalkan tulisan terlihat jelas.


"Peserta juga harus menyertakan foto proses menghias jurnal dan foto diri memegang karya yang sudah jadi kemudian diunggah di Instagram,"lanjutnya.


Pada unggahan instagran harus menyertakan caption cerita peserta di Dokter Cilik dan menggunakan tagar #DokterCilik2021 #DIYJurnaldocil. Dan juga memfollow akun dan menyertakan tag akun instagram @Suryaonline.


Sementara itu, untuk karya hardcopy wajib dikirimkan ke jalan raya Rungkut Industri III nomor 68-70,Rungkut Tengah, Surabaya ditujukan pada panitia Dokter Cilik (08970000990).


"Pengiriman karya menggunakan amplop coklat dan diberibketerangan nama peserta Docil_nama sekolah_alamat pengiriman. Kemudian Karya akan diseleksi dan diumumkan saat penutupan acara Dokter Cilik 2021 di bulan Desember 2021,"pungkasnya.


Foto : pelatihan Dokter Cilik 2021 Membuat DIY Jurnal secara daring, Sabtu (25/9/2021).

 

Halaman selanjutnya

 

...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved