Pewarta Foto Indonesia Malang Kenalkan Profesi Pewarta Foto Pada Siswa Sekolah Dasar

Organisasi profesi wartawan foto yang tergabung dalam Pewarta Foto Indonesia Malang mengenalkan seluk beluk profesinya pada siswa SDN Tanjungrejo 5.

Editor: sulvi sofiana
SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
Anggota PFI Malang menjelaskan foto jurnalistik pada siswa dalam pengenalan profesi Pewarta Foto di SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang, Kamis (30/9/2021). 

SURYA WIKI, Surabaya - Organisasi profesi wartawan foto yang tergabung dalam Pewarta Foto Indonesia (PFI) Malang mengenalkan seluk beluk profesinya pada siswa SDN Tanjungrejo 5, Kota Malang, Kamis (30/9/2021).

Pada pengenalan ini PFI Malang memajang sejumlah foto cerita dan foto tunggal. Mulai dari foto dampak erupsi Gunung Kelud, keragaman budaya dan rehabilitasi satwa endemik Malang, Lutung Jawa.

Guru SDN Tanjungrejo 5, Ida Maghfiroh menjelaskan kegiatan ini untuk mengenalkan foto jurnalistik pada siswanya.

Selain itu juga mengenalkan profesi wartawan foto pada anak-anak. "Selama ini mayoritas anak-anak hanya mengenal profesi Guru, Dokter dan Polisi saja, dengan kegiatan ini diharapkan akan menambah wawasan mereka tentang macam-macam profesi," jelasnya pada Suryamalang.com

Dalam kegiatan ini siswa nampak antusias mengikutinya. Saat sesi penjelasan foto jurnalistik beberapa anak bertanya bagaimana sebuah karya foto itu dibuat dan dimuat di media massa. Anggota PFI Malang, Ari Bowo Sucipto dalam sesi ini mengajak siswa untuk aktif memotret.

"Kalian bisa mulai memotret di sekitar rumah dulu. Kalo ada tetangga yang membuat kerajinan, silahkan difoto dan diunggah ke media sosial. Dengan begitu masyarakat lainnya akan tahu kalau di tempat itu ada pembuat kerajinan," jelasnya pada siswa

Ketika ditanya siswa apakah boleh memotret pencuri yang sedang beraksi, Pewarta foto senior Malang ini menjawab untuk memperhatikan keselamatan dulu.

"Boleh-boleh saja, tapi aspek keselamatan perlu diperhatikan saat memotret. Jangan sampai malah ketahuan dan dilukai pencuri." Ungkapnya

Dari sejumlah foto yang dipajang, siswa sekolah ini banyak yang tertarik dengan foto cerita tentang rehabilitasi Lutung Jawa. 

(Hayu Yudha Prabowo)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved