Menjaga Kesehatan Mental dengan Terapi Makeup

Pandemi yang membatasi aktivitas dan ruang gerak bisa berpengaruh pada mental health atau kesehatan mental seseorang. 

Editor: sulvi sofiana
Dokumen pribadi
Tantri Namirah dalam Virtual Press Conference 'Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink and Cream Blush', Senin (4/10/2021). 

SURYA WIKI, Surabaya - Pandemi yang membatasi aktivitas dan ruang gerak bisa berpengaruh pada mental health atau kesehatan mental seseorang. 

Seperti yang disampaikan oleh dr Shafira Ninfitya Aulia, Medical Doctor sekaligus Health Educator and Influencer. 

dr Shafira mengatakan, kurangnya menjalankan aktivitas harian bisa mempengaruhi mood dan produktivitas yang akan mengarah pada kesehatan mental

Menurut dr Shafira, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan mental juga perlu dilakukan. 

"Kesehatan itu ada tiga. Sehat secara fisik, mental dan sosial atau aktivitas sehari-hari. Kalau sehari-hari bisa menjalani aktivitas secara produktif, berarti bisa dibilanh dia sehat," ungkap dr Shafira saat menjadi pembicara di acara Virtual Press Conference 'Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink and Cream Blush', Senin (4/10/2021). 

Di masa pandemi ini, terbatasnya ruang gerak mempengaruhi tingkat aktifitas dan produktivitas. 

"Makin jarang aktivitas, produktivitas menurun, mood berantakan akhirnya kesehatan mental menurun. Jadi mood mudah berubah atau malah bemalas-malasan," jelas dr Shafira. 

Self Care Untuk Kesehatan MEntal

Menurutnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental saat pandemi, salah satunya melalui self care

Self care atau upaya merawat diri disebutnya bisa meningkatkan hormon endorfin yang berpengaruh pada kebahagiaan diri seseorang. 

"Misal yang hobi olahraga bisa yoga untuk menambah mindfulness. Yang hobi makeup bisa juga loh tiap hari berdandan. Meski harus bekerja dari rumah," katanya. 

dr Shafira menjelaskan, menurut penelitian, berdandan atau makeup bisa menjadi alternatif self care yang menyenangkan. 

Kegiatan memoles diri sehingga terlihat lebih cantik dan fresh dikatakan mampu meningkatkan mood seseorang. Dengan begitu, semua kegiatan yang dilakukan akan selesai dengan baik. 

"Jadi ibaratnya kalau kita look good, jadi feel good dan bisa do good dalam melakukan aktifitas. Produktif dan bahagia," paparnya. 

Ia juga menuturkan bahwa makeup merupakan sebuah seni yang bisa dijadikan terapi untuk kesehatan mental

"Makeup itu terapi. Jadi self care lewat seni merias diri. Bisa membuat orang bahagia, kepercayaan diri meningkat dan mood jadi bagus," urainya. 

Menjaga Mood Tetap Baik Sepanjang Hari

Seperti yang dilakukan Public Figure Tantri Namirah. Ia setiap pagi rajin merias diri sebelum melakukan aktifitas membuat konten. 

Perempuan yang juga merupakan Spokesperson Wardah ini menuturkan, untuk menjaga mood tetap baik sepanjang hari, ia sengaja memulai aktivitas sejak pagi. 

"Setiap hari bangun subuh dan sengaja tidak tidur lagi. Menyiapkan diri mau buat konten apa hari ini. Menyempatkan olahraga juga. Karena menurutku, bangun pagi bisa membuat lebih produktif," ujarnya. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved