90 Persen Penjual di Tokopedia Dari Skala Mikro

Tren E-Commerce di kalangan UMKM terlihat dari hasil riset LPEM FEB UI pada Tokopedia.

Editor: sulvi sofiana
SURYA
Astri Wahyuni, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia dalam webinar dan talkshow nasional dalam rangka HUT ke-20 Kota Batu dengan tema "Revitalisasi Kebangkitan UMKM". 

SURYA WIKI, Batu - Tren E-Commerce di kalangan UMKM terlihat dari hasil riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) pada Tokopedia.

Astri Wahyuni, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia dalam webinar dan talkshow nasional dalam rangka HUT ke-20 Kota Batu dengan tema "Revitalisasi Kebangkitan UMKM"  memaparkan berdasarkan hasil riset tersebut  tujuh dari 10 pelaku usaha di Tokopedia mengalami peningkatan penjualan dengan median sebesar 133 persen.

"Saat pandemi, terdapat 90 persen penjual berskala mikro di Tokopedia. Dan 68,8 persen dari penjual yang bergabung saat pandemi di Tokopedia merupakan pencari nafkah tunggal di keluarga,"tegasnya, Kamis (21/10/2021).

Sementara itu,  NTB, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan adalah 3 provinsi dengan peningkatan penjualan pelaku usaha tertinggi di Tokopedia selama pandemi.

Dan Bali, Yogyakarta, dan DKI Jakarta merupakan provinsi dengan peningkatan jumlah pelaku usaha tertinggi selama pandemi. 

(Sulvi Sofiana)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved