Inggal Esti Wilujeng, Saat Pandemi Tetap Mengajar Yoga Secara Daring

Inggak Esti Wilujeng merupakan pelatih yoga di Kota Malang yang mengajar yoga secara daring ketika mulai awal pandemi pada Februari 2020.

Editor: sulvi sofiana
SURYAMALANG/HAYUYUDHA
Inggil Esti Wilujeng, pelatih yoga Kota Malang yang membuka pelatihan yoga daring karena dampak pandemi covid-19 

SURYA WIKI, Malang - Inggak Esti Wilujeng merupakan pelatih yoga di Kota Malang yang mengajar yoga secara daring ketika mulai awal pandemi pada Februari 2020.

"Saya awalnya ya gaptek," kata Esti panggilan akrabnya pada suryamalang.com di studinya beberapa waktu lalu.

Mengajar daring diawali kekhawatirannya mengajar di antara banyak orang. Ia memilih break dulu mengajar di sebuah pusat kebugaran.

Awalnya hanya membuat konten di youtube. Tapi ia merasa kurang maksimal. Waktu itu mulai dikenal dengan Zoom.  Akhirnya sekarang malah eksis mengajar yoga lewat daring. 

"Sampai sekarang pun saya belum mengajar langsung. Saya masih daring. Tiap hari ada daring yang privat dan satunya kelas bersama," jelas ibu satu anak ini.

Baginya, mengajar daring sekarang menjadi pilihan yang pas. Bagi dari dirinya juga muridnya. Sebagai ibu rumah tangga, mengajar dari rumah lebih enak. Ia bisa melakukan aktivitas sebagai ibu rumah dan memantau anaknya. Namun ia juga masih berkiprah sebagai guru yoga

Memang ada kekurangan saat mengajar daring. Yaitu interaksi kurang maksimal. Namun ia menguatkan dengan percakapan di WA dll usai kelas berakhir.

Serta tidak bisa memegang tubuh murid yang berlatih untuk membenarkan posisinya. Maka yang bisa dilakukan hanya verbal dan dengan melihat gerakan murid di layar mediq 

"Sebab murid kan tidak bisa selalu melihat layar terus saat latihan. Jadi saya yang melihat mereka. Saya juga harus bisa mengeluarkan instruksi yang bisa dipahami mereka," jelas wanita kelahiran 1988 ini.

Sampai sekarang ia masih enjoy dengan hal ini. "Murid-murid saya bahkan minta kelas online tetap ada meski mungkin pandemi berakhir," cerita ibu satu anak ini

Untuk murid yoga secara daring ada yang insidental dan ada juga yang ikut program satu bulan. "Untuk kelas yoga online, saya sarankan yang ikut adalah yang sudah biasa yoga. Murid saya ada yang sudah ikut yoga lima tahun, tujuh tahun," kata Esti.

Karena itu, sebelum bergabung, calon murid akan ditanya terlebih dahulu. Alasan lebih nyaman dengan yang sudah familiar dengan olahraga yoga karena medianya daring.

Jika pemula maka agak sulit karena tak bertemu langsung. Untuk latihan yoga fisik atau offline, ada yang membuka latihan. Untuk kelas online, materi yang disajikan disesuaikan dengam waktunya. Seperti materi pagi, biasanya penguatan agar menjadi lebih energik. Sedang kelas sore adalan relaxing. 

( Sylvianita Widyawati)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved