Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya Siapkan Bidang Kedokteran Herbal

Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya (FK Ubaya) mencoba membangun keunggulannya di bidang kedokteran herbal (herbal medicine).

Editor: sulvi sofiana
Humas Ubaya
Gedung perkuliahan dan Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya 

SURYA WIKI, Surabaya - Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya (FK Ubaya) mencoba membangun keunggulannya di bidang kedokteran herbal (herbal medicine).

Pemilihan bidang ini didukung oleh keberadaan Fakultas Farmasi Ubaya yang sangat berkembang dan menjadi salah satu rujukan pendidikan kefarmasian di Indonesia.

Hal ini sebagai upaya menyiapkan diri menghadapi tuntutan kemajuan ilmu kedokteran dan persaingan institusi pendidikan kedokteran.

Dekan FK Ubaya, Prof Dr dr Rochmad Romdoni SpPD SpJP(K) FIHA FASCC mengungkapkan kedokteran herbal akan berguna dalam uji klinis penggunaan obat herbal kepada pasien.

FK Ubaya telah menyediakan fasilitas pendukung dalam mencapai keunggulan di bidang kedokteran herbal berupa Botanical Garden dan Animal Lab yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas penelitian.

“Mahasiswa bukan hanya belajar herbal, tetapi juga manfaat herbal bagi pasien. Visinya, saya harap lulusan FK Ubaya menjadi dokter berkualitas, unggul dan berwawasan internasional,” katanya.

Selain itu, bidang lain yang diharapkan dapat mendukung keunggulan FK Ubaya adalah teknologi kedokteran.

Optimalkan Teknologi

Pemanfaatan teknologi dalam proses pendidikan kedokteran merupakan jawaban akan tantangan era industri 4.0 untuk memberikan pengalaman belajar sekaligus mengembangkan kemampuan literasi teknologi bagi dokter lulusannya.

Berbagai upaya pengembangan terus dikerjakan oleh FK Ubaya, seperti penambahan laboratorium biomedik dan pengembangan clinical skills lab (CSL) sehingga memenuhi syarat untuk menjadi lokasi Objective Structured Clinical Examination (OSCE) nasional.

Disisi lain, juga terdapat laboratorium komputer yang telah dikembangkan menjadi Computer-Based Test (CBT) Center bertaraf ujian nasional.

Siapkan Rumah Sakit Pendidikan

FK Ubaya menjalin kerja sama dengan berbagai institusi pendidikan maupun non pendidikan untuk memperluas akses yang bertujuan meningkatkan kapasitas institusi maupun sumber daya manusia (SDM).

Sama halnya dengan sarana untuk Rumah Sakit Pendidikan. Saat ini RSUD Ibnu Sina, Gresik menjadi RS Pendidikan utama bagi FK Ubaya.

Namun, Yayasan Ubaya kini sedang membangun rumah sakit tipe B yang berlokasi dekat kampus Ubaya Tenggilis agar nantinya bisa menjadi RS Pendidikan bagi FK Ubaya.

“Saya optimis bahwa FK Ubaya akan semakin berkembang. Saya melihat SDM disini bagus dan infrastruktur yang sangat didukung oleh yayasan,” tutup Prof Romdoni.

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved