Pertahankan Juara Umum, Jatim Borong 83 Medali Kompetisi Sains Nasional 2021

Jawa Timur kembali meraih juara umum pada kejuaraan Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbud.

Editor: sulvi sofiana
SURYA/SULVI SOFIANA
Pengumuman KSN 2021 melalui zoom meeting, Jumat (12/11/2021). 

SURYA WIKI, Surabaya - Jawa Timur kembali meraih juara umum pada kejuaraan Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbud pada 7 hingga 13 November 2021.

KSN sendiri pertama kali digelar sejak tahun 2002, terhitung selama 18 tahun Jawa Timur belum mendapatkan prestasi gemilang diajang kompetisi bergengsi tingkat pelajar se Indonesia ini.

Selama ini Juara Umum selalu dipegang oleh Jateng dan DKI. Namun, pada tahun 2020 lalu, Jawa Timur sukses meraih juara umum.

Kemudian dipertahankan gelar juara tersebut di tahun 2021.

Untuk gelar Juara Umum tahun ini, Jatim meraih 29 Emas, 29 Perak dan 25 Perunggu. Porelah ini mengungguli DKI Jakarta yang berada di peringkat dua dengan 21 Emas, 28 Perak dan 25 perunggu.

Disusul Jawa Barat di peringkat ketiga dengan 11 Emas, 15 Perak dan 26 Perunggu.

Selanjutnya, Provinsi Riau dengan raihan 8 Emas, 5 Perak, 14 Perunggu.

Kemudian Banten dengan raihan 6 Emas, 23 Perak, 20 Perunggu, terakhir Jawa Tengah dengan raihan 6 Emas, 21 Perak, 34 Perunggu.

Terkait capaian tersebut, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menuturkan kondisi pandemi seperti saat ini, justru membawa siswa-siswi Jawa Timur menunjukkan prestasi terbaiknya.

"Baik para kepala sekolah dan guru telah menunjukkan kinerja terbaiknya. Membangun generasi emas Jawa Timur yang lebih kreatif dan inovatif disertai dengan akhlak yang mulia. Terima kasih kepada para kepala sekolah, para guru, dan para orang tua yang telah mendidik, membina dan mendorong putra putrinya untuk meraih prestasi terbaiknya," ungkap Gubernur Khofifah, Jumat (12/11/2021).

Ia juga melanjutkan, sebagai upaya dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia harus terus dikawal, dijaga dan ditingkatkan dalam kondisi apapun.

Dengan kata lain, pandemi Covid-19 tidak boleh melemahkan semangat untuk terus menggerakkan pendidikan yang berkembang, berkemajuan dan memberikan manfaat yang besar.

"Sekali lagi kami sampaikan terima kasih kepada para guru, orang tua dan para kepala sekolah. Apalagi kepala sekolah posisinya sangat sentral untuk bisa memberikan penguatan dari kualitas dan produk dari masing-masing lembaga yang mereka pimpin," urainya.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Wahid Wahyudi menuturkan pretasi membanggakan ini layak mendapat apresiasi.

Sebab, selama puluhan tahun ajang bergengsi KSN didominasi oleh DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

Namun dalam dua tahun ini, Jatim sukses mempertahankan juara Umum sejak tahun 2020 lalu.

“Ini membuktikan bahwa semangat siswa-siswi di Jawa Timur dalam menorehkan prestasi patut diberikan apresiasi, karena meskipun berada dalam situasi pandemi tapi semangat dan motivasinya luar biasa,” ujar Wahid usai memantau pengumuman KSN 2021 melalui zoom meeting, Jumat (12/11/2021).

Tak hanya itu, Wahid juga mengungkapkan jika Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memberikan dukungan penuh untuk kemajuan pendidikan melalui program-program yang tidak hanya berfokus pada akademik siswa melainkan juga kompetensi keahlian atau vokasional siswa.

"Ini adalah bentuk komitmen gubernur dalam nawa bhakti satya yang ingin merealisasikan Jatim Cerdas,” imbuh dia.

Meski sukses mempertahankan juara umum KSN di tahun ini, namun Wahid meminta agar para siswa tidak berpuas diri.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved