Trisnadi Marjan Abadikan Kisah Khofifah Indar Parawansa dalam Karya Buku Fotografi Berjudul 'IBU'

Trisnadi Marjan,  meluncurkan karyanya, sebuah buku bertajuk 'IBU' Khofifah Indar Parawansa, Selasa (16/11/2021) malam

Editor: sulvi sofiana
Humas Jatim
Trisnadi Marjan bersama Fatimatuz Zahroh menyerahkan karya buku fotografi berjudul 'IBU' Khofifah Indar Parawansa pada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Selasa (17/11/2021). 

SURYA WIKI, Surabaya - Trisnadi Marjan,  meluncurkan karyanya, sebuah buku bertajuk 'IBU' Khofifah Indar Parawansa, Selasa (16/11/2021) malam.

Berlangsung di Gedung Negara Grahadi, peluncuran buku fotografi tersebut disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Tidak sampai di sana, secara khusus Trisnadi juga menandai peluncuran bukunya dengan memberikan karya tersebut langsung pada Gubernur Khofifah. 

"Tentu rasanya lega, dan bersyukur. Karena akhirnya buku ini rampung, dan diluncurkan dalam momen yang membanggakan malam ini," kata Trisnadi usai peluncuran. 

Apresiasi Sosok Khofifah

Ia menyampaikan bahwa buku ini sengaja ia gagas sebagai bentuk apresiasinya pada sosok Khofifah Indar Parawansa.

Dimana Trisnadi sejak tahun 2008 yang lalu telah profesional menjadi fotografer yang selalu membarengi langkah dan sepak terjang seorang Khofifah. 

"Buku ini menyajikan frame demi frame foto yang telah saya abadikan selama memotret Ibu Khofifah. Mulai beliau Menteri Sosial, hingga saat ini dua tahun memimpin Jawa Timur," kata Trisnadi.

Gandeng Jurnalis Harian Surya

Untuk membantunya menuliskan buku karya fotografi ini, Trisnadi juga menggandeng jurnalis Harian Surya, Fatimatuz Zahroh. 

"Saat saya sharing mengutarakan niat saya untuk membuat buku dengan sejumlah kawan sebelum menulis buku ini, ada beberapa yang mengajukan diri untuk membantu menjadi penulisnya.

Namun saya memilih adik saya sendiri, Fatimatuz Zahroh untuk ikut menyusun buku ini," tegas Trisnadi yang juga fotografer dari kantor berita Amerika Serikat, Associated Press itu.

Penyusunan Buku Selama Setahun

Lebih lanjut, Trisnadi menyampaikan bahwa penyusunan buku ini memakan waktu selama hampir satu tahun.

Dari ratusan ribu foto yang ia miliki selama mengabadikan sepak terjang Khofifah, terpilih foto-foto humanis dan juga penuh historis yang disajikan oleh Trisnadi dalam bukunya kali ini. 

Foto Khofifah Kunjungi Puncak Jaya

Ia kemudian menceritakan secuplik cerita yang sangat berkesan yang juga ada dalam salah satu frame foto dalam buku ini.

Yaitu saat Trisnadi mendampingi kunjungan Khofifah ke Puncak Jaya saat masih menjabat sebagai Menteri Sosial.

"Banyak orang yang tidak percaya kalau Ibu Gubernur ini orang pertama yang berkunjung ke Puncak Jaya. Betapa segala resiko ditanggung oleh Ibu untuk bisa berkunjung kesana," kata Mas Tris sapaan akrabnya.

Lantaran di sana masih suasana genting akibat adanya gerakan Papua Merdeka, kondisi di sana tidak aman untuk kunjungan seorang pejabat.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved