Tingkatkan Minat Hairdressing Siswa, SMKN 6 Surabaya Gelar Seminar Sharing dan Motivasi

Upaya meningkatkan minat belajar siswa di jurusan Tata Kecantikan dan Tata Busana dilakukan SMKN 6 Surabaya dengan menggelar talkshow .

Editor: sulvi sofiana
SURYA/SULVI SOFIANA
Kepala SMKN 6 Surabaya, Bahrun mendampingi Owner Arie Ham Salon The Winner Solour Award Loreal, Ari Hidayat memberikan pelatihan teknik penataan rambut kepada para siswa dari jurusan Tata Kecantikan bidang keahlian hairdresser. 

SURYA WIKI, Surabaya - Upaya meningkatkan minat belajar siswa di jurusan Tata Kecantikan dan Tata Busana dilakukan SMKN 6 Surabaya dengan menggelar talkshow bertajuk Succes Story "Sharing dan Motivasi Hairdresser dan Alumni".

Kepala SMKN 6 Surabaya, Bahrun mengatakan biasanya kedua jurusan ini bukan merupakan pilihan pertama siswa saat mendaftar di SMK negeri. Karena paradigma prospek kerja kedua jurusan yang terbatas.

“Untuk itu, dua jurusan ini saya jadikan prospek pengembangan sekolah yang merupakan program dari diklat CEO (Chief Executive Officer) SMK,” ujarnya.

Ia menambahkan dalam industri kecantikan banyak bidang keahlian yang bisa dipilih oleh para siswa.  Sayangnya,  hasil survei pada siswa menunjukkan mayoritas siswa memilih menjadi makeup artis.  Padahal, dunia industri lebih banyak membutuhkan hairdresser.

  Karenanya,  kegiatan yang mendatangkan alumni tata kecantikan yang sukses ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para siswa yang saat ini masih mengasah keahlian di SMKN 6 Surabaya.

"Kita beri perhatian hairdresser agar semangat guru dan siswa tumbuh," tambah dia. 

Selain seminar, dalam membangun motivasi profesi hairdresser, Bahrun juga mendatangkan guru tamu industri dari bidang keahlian hairdresser.  Selain itu menggar lomba hairdressing tiap tingkatan. Saat ini jurusan Tata Kecantikan sendiri telah bekerjasama dengan 26 industri kecantikan.

"Dengan harapan kegiatan seperti ini akan tumbuh hairdresser profesional yang dibutuhkan oleh perusahaan. Masyarakat juga berbondong-bondong memilih jurusan ini, karena kita ingin membranding kecantikan. Kita juga punya teaching factory Loreal,  hairdrayer salon dan sebagainya," tandasnya. 

Salah satu pembicara sekaligus Owner Arie Ham Salon The Winner Solour Award Loreal, Ari Hidayat mengungkapkan banyak potensi yang bisa dikembangkan dalam bidang yang ia geluti. Iapun mengaku sempat tidak mendapat dukungan dalam berkarir di bidang hairdresser.

"Berani untuk bermimpi dan mengambil resiko ini awal kesuksesan kalian dalam merealisasikan mimpi," urainya.

(Sulvi Sofiana)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved