Tim Gabungan Peduli Bencana Alam FK Unair Terjun Bantu Korban Erupsi Semeru

Tim gabungan peduli bencana alam dan pandemi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga turut terjun membantu korban erupsi gunung semeru.

Editor: sulvi sofiana
Dokumen pribadi
Tim Gabungan peduli bencana alam dan pandemi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga saat terjun membantu korban erupsi gunung semeru. 

SURYA WIKI, Surabaya -  Tim gabungan peduli bencana alam dan pandemi Fakultas Kedokteran  Universitas Airlangga turut terjun membantu korban erupsi gunung semeru. Tim yang merupakan gabungan dari nakes FK Unair, RSTKA, RSUD Dr Soetomo, RSUA, IKA FK, IKA Unair, IDI Cabang Surabaya dan Pusat Krisis Kemenkes ini berangkat secara bertahap.

Tim ini berangkat pertama kali pada Minggu (6/12/2021) pagi. Tim ini dikomandoi oleh dr Teddy Heri Wardhana Sp OT dengan 4 anggota.  Kelimanya melakukan pemetaan awal mengenai situasi di daerah bencana.

Ketua Unit Bantuan Bencana Alam FK Unair, dr Christijogo Sumartono  SpAnd Kar  menjelaskan tim ini juga membawa serta bahan bantuan berupa alat medis untuk disalurkan ke RSU Pasirian Lumajang  serta sembako untuk dibagikan kepada korban bencana erupsi Gunung Semeru.

Tim Gabungan FK Unair mendirikan posko bantuan di rumah Mimik Lestari, alumni Unair yang berlokasi di Dusun Krajan Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro yang merupakan ring 3 daerah bencana.

“Dari pemetaan awal ditemukan bahwa diperlukan bantuan berupa dokter spesialis bedah plastik dan anestesi untuk menangani korban dengan luka bakar. Karenanya, Tim kedua pun berangkat, yaitu dr Agus Santoso Budi SpBP serta dokter PPDS bedah plastic,”urainya.

Tim ini membantu korban yang mengalami luka bakar secara berkala, sehingga tidak terjadi komplikasi dan memburuk.

Dokter Chris, sapaannya juga berangkat menyusul Bersama tim kedua pada Senin (6/12/2021) setelah sebelumnya melakukan diskusi Dinas Kesehatan Provinsi Jatim mengenai langkah yang diambil selanjutnya.

"Setelah diskusi, ditentukan bahwa kami akan berfokus membantu di RS Haryoto dalam membantu pasien dengan perawatan luka bakar," terangnya.

Selain menerjunkan dokter spesialisnya, tim gabungan ini juga membawa perlengkapan untuk melakukan tindakan operasi bedah.

 (Sulvi Sofiana)

Ikuti kami di
KOMENTAR
1780 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved