Mayjen TNI Nurchahyanto, Pangdam V Brawijaya yang Baru

Mayjen TNI Nurchahyanto merupakan Pangdam V/Brawijaya menggantikan Mayjen TNI Suharyanto yang dimutasi menjadi Kepala BNPB.

Editor: sulvi sofiana
SURYA/Febrianto Ramadani
Mayjen TNI Nurchahyanto, Pangdam V Brawijaya yang Baru 

SURYA WIKI, Surabaya - Mayjen TNI Nurchahyanto merupakan Pangdam V/Brawijaya menggantikan Mayjen TNI Suharyanto yang dimutasi menjadi Kepala BNPB.

Mutasi itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/1029/XI/2021 tentang Pemberhentian dari/dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Tongkat kepemimpinan Pangdam V/Brawijaya telah resmi diserahkan dari Letjen TNI Suharyanto kepada Mayjen TNI Nurchahyanto, Lapangan Jenderal Ahmad Yani Makodam V/Brawijaya, Jumat sore (10/12/2021).

Dalam kegiatan itu dihadiri Forkopimda Pemprov Jatim, beserta sejumlah jajaran perwira tinggi TNI. Meskipun cuaca sedang diguyur hujan, Upacara Apel Bersama tersebut tetap berlangsung dengan lancar.

Kepada awak media, Mayjen TNI Nurchahyanto, menyatakan, ini merupakan kebahagiaan lantaran memiliki kebanggan tersendiri ketika berdinas di Jawa Timur. 

"Jawa Timur adalah kampung halaman bagi saya dan sekeluarga. Karena dengan dinas di kampung sendiri tentu punya kebanggaan bisa membantu bersama sama membangun Jawa Timur," ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, pada prinsipnya kegiatan maupun anggaran sudah diatur dalam program kerja. Sehingga, Mantan Aster KSAD tersebut melanjutkan yang sudah dirancang oleh pejabat yang lama.

"Sehingga saya lanjutkan dan jalankan program itu. Yang terpenting sekarang adalah kami fokus membantu kepada penanganan bencana, khususnya yang terjadi Lumajang. Jadi hari ini saya serah terima besok pagi saya ke Lumajang untuk melihat kondisi terkini," terangnya.

Disinggung soal lonjakan kasus Covid 19 menjelang nataru, Mayjen TNI Nurchahyanto, menuturkan, pemerintah pusat sudah menentukan kebijakan terkait antisipasi tersebut. Yang jelas, pihaknya mengikuti ketetapan dari pemerintah.

"Saya sudah tanya kepada beberapa pejabat yang terkait, langkah langkah apa yang harus dilakukan. Akan saya lihat dan pelajari. Pastinya akan saya sampaikan kepada rekan rekan wartawan," ucapnya.

Sedang Letjen TNI Suharyanto, mengucapkan terima kasih kepada Keluarga Besar Kodam V/Brawijaya selama menjabat sebagai Pangdam. Baginya, dirinya tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari anggota.

"Semoga tuhan membalasnya berlipat ganda. Forkopimda dan seluruh keluarga besar Jatim terima kasih selama dinas 13 bulan, suasana, dukungan dan hubungan dengan masyarakat yang diberikan luar biasa," bebernya 

"Ini adalah bagian perjalanan indah. Kami mohon pamit meninggalkan Kodam v V/Brawijaya apabila ada salah atau perbuatan yang kurang berkenan kami mohon maaf sebesar besarnya," tutupnya.

Menurut catatan Wikipedia, Nurchahyanto lahir pada 28 Oktober 1964. 

Nurchahyanto merupakan Alumni Akademi Militer tahun 1987 dan mahir dalam bidang Artileri Pertahanan Udara.

Beberapa posisi strategis pernah ia emban di antaranya, ia pernah menjabat sebagai Komandan Korem 163/Wirasatya Denpasar pada 2015. 

Ia juga pernah menjabat sebagai Komandan Komandan Pusat Kesenjataan Arhanud (Danpussenarhanud) pada 2015-2018. 

Lalu, Kasdam III/Siliwangi (2018-2019) dan Tenaga Ahli Bidang Politik Lemhanas (2019-2020).

 

(Febrianto Ramadani)

Ikuti kami di
KOMENTAR
1786 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved