SMA Award 2021 Ajang Aktualisasi Diri dan Unjuk Prestasi di Tengah Pandemi

SMA Award 2021 menjadi wadah Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur untuk mendorong sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di tengah pandemi.

Editor: sulvi sofiana
SURYA/SULVI SOFIANA
Gubernur Jatim (tengah) dalam ceremonial SMA Award 2021, Kamis (9/12/2021). 

SURYA WIKI, Surabaya -SMA Award 2021 menjadi wadah Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur untuk mendorong sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di tengah pandemi.

Ajang ini sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Jatim melalui Dindik Jatim atas kerja keras lembaga pendidikan SMA dan semangat siswa dalam melahirkan berbagai inovasi dan prestasi baik akademik maupun non akademik.  

Digelar di tahun ketiga, SMA Award 2021 kali ini diikuti  26.215 peserta dari 1.528 lembaga, dengan rincian 423 SMA negeri dan 1.105 SMA swasta. 

Mereka berkompetisi di 30 kategori lomba. Diantaranya, Lomba OSIS Eksis,  Monolog,  Teater,  Podcast,  Cerdas Cermat Kebangsaan,  Kompetisi Sains,  Duta Pelajar Putra dan Putri, Komik Strip, Fotografi, Menyanyi Solo dan Gitar Solo.

Gubernur Jawa Timur,  Khofifah Indar Parawansa turut mengapresiasi ajang ini, karena pendidikan idealnya memang tidak hanya tertumpu pada pendidikan akademik saja tetapi juga non-akademik. 

Di tengah pandemi Covid-19, Jatim juga sukses menjadi juara umum dalam KSN 2020 setelah 18 tahun penantian.

Kemudian, estafet juara umum KSN tingkat nasional kembali direbut pelajar Jawa Timur di tahun 2021 dengan 29 Emas, 29 Perak, dan 25 Perunggu.

“Ini artinya peran kepala sekolah, guru pebimbing dan semangat siswa juga prang tua menyatu dengan program strategis peningakatan kualitas pendidikan di Jatim,” urainya dalam ceremonial SMA Award 2021, Kamis (9/12/2021) malam.

Masih di tahun yang sama, Pemprov Jatim juga mendapatkan penghargaan dari Kemendagri untuk LPPD Kinerja Pendidikan dengan poin tertinggi diantara seluruh provinsi di Indonesia. 

“Ini sebuah capaian prestasi yang harus disyukuri tapi juga harus dijaga dan ditingkatkan. Oleh krena itu berbagai ikhtiar untuk menggali potensi, bakat dan capaian akademik achievement harus dilakukan,” tegasnya.  

Sementara itu, Direktur SMA Kemendikbud, Dr Soehartono Arham yang turut hadir dalam malam penganugerahan mengapresiasi adanya kegiatan. 

Ia menyebut ajang penganugerahan ini  perlu dilakukan dalam mengapresiasi prestasi yang telah dicapai para siswa.

Pasalnya, Arham menilai tak banyak wadah bagi para siswa SMA untuk mengekspresikan minat dan bakat mereka. 

Kegiatan ini menjadi harapan bahwa tidak hanya Jawa Timur saja yang menggelar ajang penghargaan bagi siswa.

 Melainkan juga bisa digelar daerah lainnya untuk memberikan kesempatan, peluang dan wadah para siswa dalam mengeksplorasi kemampuan dan bakatnya. 

“Kegiatan ini sekaligus melatih mereka berkompetisi dengan menunjukkan prestasi setinggi-tingginya. Harapan saya teman-teman kita daerah lain dan provnsi lain merancang kegiatan ini dengan ke khasan masing-masing untuk memberikan ruang yang sama,” tuturnya.

Kepala Dindik Jatim, Wahid Wahyudi menambahkan, tantangan di dunia pendidikan tidak mudah. Apalagi seiring dengan gempuran arus teknologi dan modernisasi. 

Karena itu, pihaknya mengajak semua pihak untuk terlibat dalam peningkatan kemampuan akademik dan non-akademik siswa. 

Pihaknya bersyukur sejauh ini berbagai prestasi telah diraih siswa/siswi SMA Jawa Timur, baik prestasi internasional maupun nasional. 

Dia berharap, melalui SMA Awards sekolah-sekolah di Jatim bisa menggali potensi akademik dan non-akademik peserta didik dalam bidang seni, olahraga, dan organisasi siswa serta inovasi sekolah. 

Juga, bisa menjadi ajang unjuk bakat, minat dan inovasi sekolah dalam meningkatkan kapasitas kelembagaan. 

(Sulvi Sofiana) 

Ikuti kami di
KOMENTAR
1795 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved