Bupati Sidoarjo Resmikan Wisata Kelengkeng Binaan Untag Surabaya

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali meresmikan Wisata Kampung Kelengkeng dan Simo Djojo Café hasil binaan Himpunan Mahasiswa Arsitektur Untag Surabaya

Editor: sulvi sofiana
Humas Untag Surabaya
Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali secara simbolis menanam kelengkeng dalam peresmian Wisata Kampung Kelengkeng dan Simo Djojo Café hasil binaan Himpunan Mahasiswa Arsitektur Universitas 17 Agutus 1945 Surabaya (Himarsita) di Desa Simoketawang 

SURYA WIKI, Sidoarjo - Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali meresmikan Wisata Kampung Kelengkeng dan Simo Djojo Café hasil binaan Himpunan Mahasiswa Arsitektur Universitas 17 Agutus 1945 Surabaya (Himarsita) di Desa Simoketawang, Kamis (16/12/2021).

Menurut Bupati yang akrab disapa Gus Muhdlor ini, pembinaan Untag Surabaya merupakan bentuk implementasi konsep pentahelix. Yaitu sinergitas lima elemen penting unsur dari Pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media bersatu padu.

“Saya memberikan apresiasi pada Untag Surabaya yang mendampingi Desa Wisata menjadi desa mandiri melalui Wisata Kampung Kelengkeng. Setelah dua tahun bergelut dengan pandemi, maka saat ini yang terpenting adalah langkah pemulihan ekonomi pasca pandemi,” katanya.

Dosen Pendamping Wira Desa Himarsita, Febby Rahmatullah Masruchin mengatakan bahwa timnya melakukan pendampingan pada Kelompok Asman Desa Simoketawang untuk mengolah kelengkeng,

“Kami menawarkan inovasi produk buah kelengkeng. Limbahnya pun kami olah, misalnya biji kelengkeng diolah menjadi kopi dan daunnya menjadi kerajinan,”urainya.

Program Wira Desa, sebut Febby, telah belangsung selama tiga bulan yakni Agustus hingga Desember. Dan kemudian akan dilakukan keberlanjutan program.

Manfaat dari program yang ditawarkan oleh Tim Wira Desa Himarsita dirasakan langsung oleh Kelompok Asman Desa Simoketawang. Siti Nurul Zahroh yang ikut didampingi menuturkan ia telah mendapat tambahan wawasan tentang bagaimana mengelola kelengkeng.

“Jadi kami bisa menambah skill untuk meningkatkan perekonomian.” Tak mengherankan bila pasca pendampingan, Kelompok Asman Desa Simoketawang yang menawarkan aneka olahan buah kelengkeng berhasil meraih Juara 2 Asman Terbaik di tingkat Kabupaten Sidoarjo,”pungkasnya.

(Sulvi Sofiana)

 

 

 

Ikuti kami di
KOMENTAR
1805 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved