Sidoarjo Miliki Desa Devisa Rumput Laut

idoarjo punya desa devisa rumput laut. Desa devisa yang berada di Kecamatan Jobon, Sidoarjo itu diresmikan langsung oleh anggota DPR RI Indah Kurnia,

Editor: sulvi sofiana
SURYA/MUHAMMAD TAUFIK
Desa Devisa Rumput Laut di Sidoarjo diresmikan langsung oleh anggota DPR RI Indah Kurnia, Sabtu (18/12/2021). 

SURYA WIKI, Sidoarjo  - Sidoarjo punya desa devisa rumput laut. Desa devisa yang berada di Kecamatan Jobon, Sidoarjo itu diresmikan langsung oleh anggota DPR RI Indah Kurnia, Sabtu (18/12/2021).

Sebelum seremonial peresmian, anggota DPR dari Fraksi PDIP itu sempat ikut dan menyaksikan langsung proses panen rumput laut di sana. Di sela itu, juga sempat terjadi dialog antara Indah Kurnia dengan Mustofa, koordinator petani rumput laut di sana.

Salah satu perbincangannya adalah masalah permodalan. Ternyata sejauh ini belum ada bank yang membantu permodalan para petani rumput laut di desa devisa itu. "Nah, ini yang perlu menjadi perhatian perbankan. Kami akan mendorong agar bank segera turun memberikan pembiayaan permodalan ke sini,” kata Indah.

Rumput laut di sana sangat berpotensi . Setiap petani bisa panen sampai sekira dua ton dalam sekali panen. Dan data menyebut, para petani rumput laut yang terdaftar menjadi anggota koperasi Sumber Mulyo 5758 ada 56 petani.

Dalam kesempatan itu, Hery Sudarmono selaku Ketua Koperasi Sumber Mulyo 5758 menyampaikan bahwa pihaknya sama sekali tidak mengira bahwa kampungnya bisa sampai seperti ini.

“Dan ini peluang besar bagi kita semua. Kita akan punya pendamping dari LPEI, serta berpotensi mendapat kucuran dana permodalan dari perbankan atas dorongan dari DPR RI. Maka, kami akan bekerja keras agar kami bisa segera ekspor produk kami,” kata dia.

Maqin Norhadi, Direktur Pelaksana II Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) yang juga hadir dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa rumput laut sangat berpotensi untuk pasar ekspor. Bahkan dia menyebut potensinya sangat besar.

“Industri peti mati yang ada di Bantul saja bisa kita dampingi untuk eksport, apalagi rumput laut dengan potensi sebesar ini, jelas sangat bisa,” tandasnya.

(Muhammad Taufik)

Ikuti kami di
KOMENTAR
1809 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved