SMA Muhammadiyah X Surabaya Lantik Pengurusan Baru IPM, Fokus Pengembangan Usaha UMKM

SMA X Muhammadiyah (SMAMX) Surabaya melantik pengurus baru Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM) 2021/2022.

Editor: sulvi sofiana
SURYA/SULVI SOFIANA
IPM SMA Muhammadiyah X mengenalkan pembuatan kopi pada warga sekitar sekolah 

SURYA WIKI, Surabaya- SMA X Muhammadiyah (SMAMX) Surabaya melantik pengurus baru Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM) 2021/2022.

Dalam setahun program kerja, IPM akan fokus pada "Kebangkitan Ekonomi Masyarakat Sekitar Sekolah". Salah satunya melalui pemnerdayaan kantin warga.

Kepala SMAMX Surabaya, Sudarusman mengungkapkan kegiatan kantin warga merupakan tindak lanjut dari pemberian dana pembinaan kepada UMKM yang ada dilingkungan sekolah beberapa waktu yang lalu.

Selanjutnya,  kerjasama akan berkembang untuk teknik marketing agar jualan pedagang-pedagang kecil di sekitar sekolah bisa berkembang.

"Saat ini kita mengajak kembali (masyarakat yang punya UMKM) untuk memberikan bekal.

Beberapa produk yang dihasilkan ada yang masih konvensional ada juga yang sudah mulai membuka produk-produk kekinian," urainya. 

Oleh karenanya,  dalam membekali UMKM tersebut, komunitas barista dari SMAMX Surabaya memberikan cara untuk menjaga kualitas kopi selama proses pembuatan yang merupakan bagian dari edukasi.

"Persiapan ini akan kita lanjuti dengan pemberian dana pembinaan ditahap berikutnya.

Disamping memberikan pelatihan-pelatihan. Para siswa juga teredukasi dan menyadari pemberdayaan UMKM di lingkungan sekolah," jabar Sudarusman.

Ia berharap pelantikan IPM tahun ini, baik dari aspek literasi spiritual, literasi humanis, dan literasi sosial dapat terbentuk. 

Sebab,  di tahun lalu IPM berfokus pada era digitalisasi yang berhubungan dengan literasi digital dan literasi data.

"Kami berharap kompetensi siswa bisa bertambah, karena tahun lalu kita fokus di elektronik muncul literasi digital dan literasi data.

Tahun ini ditambah literasi humanis dan literasi sosial juga literasi spiritual. Ini akan berjalan berseiring dengan sisi teknologi dan sisi humanis," pungkasnya. 

Sementara itu,  salah satu penjual kopi dilingkungan sekolah, Boy Iskandar mengungkapkan pembekalan yang diberikan siswa cukup bermanfaat bagi pihaknya yang saat ini mempunyai usaha warung kopi.

Terlebih usaha ini tak cukup ramai beberapa waktu terakhir karena adanya pandemi. 

Selain pembekalan usaha, IPM SMAMX Surabaya juga membagikan, parcel bantuan sembako untuk para pedagang, sebagai pertanda dimulainya komunikasi dan kerjasama antara kedua pihak.

(Sulvi Sofiana)

 

Ikuti kami di
KOMENTAR
1811 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved