Rutin Mengonsumsi Buah dan Sayur, Ini Manfaatnya

rutin mengonsumsi buah dan sayur dengan kandungan antioksidan tinggi dapat membantu menangkal radikal bebas. 

Editor: sulvi sofiana
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Produk olahan buah segar, seperti salad buah, rujak manis, rujak bangkok, infuse water, jus buah bisa dinikmati di lantai 2 store GeoFresh Indonesia di Surabaya. 

SURYA WIKI, Surabaya - Buah dan sayur disebut memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Buah yang memang memiliki cita rasa lezat ini membuatnya banyak disukai. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah juga banyak dibutuhkan tubuh. 

dr Geo Ferdy, Founder dari GeoFresh Indonesia mengatakan, rutin mengonsumsi buah dan sayur dengan kandungan antioksidan tinggi dapat membantu menangkal radikal bebas. 

Konsumsi buah dan sayur yang tepat disebut juga bisa mencegah penyakit kanker dan penyakit lain yang membahayakan tubuh. 

"Mengonsumsi buah dan sayur yang tidak mengandung zat kimia akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain menyehatkan, makanan yang kaya akan vitamin ini juga bisa membuat yang mengonsumsi menjadi lebih bugar," kata dr Geo, Selasa (11/1/2022).

Berikut sederet manfaat buah dan sayur apabila rutin dikonsumsi sehari-hari. 

Kaya akan kandungan vitamin 

Buah dan sayur memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Vitamin ini dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa buah bahkan mengandung vitamin yang dominan seperti vitamin C pada jeruk dan vitamin A pada sayur seperti wortel. 

Beberapa nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh di antaranya folat, vitamin A, B1, B6, C dan kalium. Nutrisi tersebut dapat ditemukan pada buah dan sayur. 


Makanan untuk diet 

Bagi yang tengah melakukan diet karbo, akan cenderung mengurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi.

Banyak pelaku diet yang kemudian mencari alternatif lain untuk mengganti makanan pokok mereka, salah satunya dengan buah dan sayur. Buah dan sayur banyak dipilih karena rasanya yang lezat.

"Buah dan sayur bisa dijadikan konsumsi rutin harian untuk menjaga kebugaran tubuh. Buah dan sayur juga bisa menjadi pengganti sementara makanan berat seperti nasi," jelas dr Geo. 

 

Punya asupan serat yang bagus 

Buah dan sayur dikenal sebagai makanan yang tinggi serat dan baik untuk tubuh. Konsumsi keduanya selain bisa menjaga kebugaran juga bisa membantu mengatasi masalah usus dan sembelit. Buah dan sayur dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan secara alami. 

 

Mengurangi risiko penyakit berbahaya 

Karena tingginya kandungan nutrisi dalam buah dan sayur, tak heran jika makanan ini mampu membantu untuk menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit.

Rutin mengonsumsi buah dan sayur akan membantu memperkecil risiko obesitas dan terkena penyakit yang berpotensi membahayakan. 

"Konsumsi buah dan sayur yang diolah secara organik bisa membantu menurunkan tekanan darah hingga mencegah stres. Seperti yang diketahui stres adalah sumber dari berbagai macam penyakit," kata dr Geo.

Untuk mengkonsumsinya, buah dan sayur dapat dimakan secara langsung maupun diolah. Beberapa olahan favorit berbahan buah dan sayur yakni smoothies dan salad.

 

(Luthfi Husnika)

Ikuti kami di
KOMENTAR
1833 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved