12 Puskesmas di Surabaya Mulai Awali Suntikkan Vaksin Booster Bagi Lansia

Pemkot Surabaya mulai memberikan vaksin booster, Rabu (12/1/2022). Pemberian vaksin dilakukan di sejumlah puskesmas di Surabaya.

Editor: sulvi sofiana
SURYA/ HABIBUR ROHMAN
Pelaksanaan Vaksinasi di Surabaya. 

SURYA WIKI, Surabaya - Pemkot Surabaya mulai memberikan vaksin booster, Rabu (12/1/2022). Pemberian vaksin dilakukan di sejumlah puskesmas di Surabaya. Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, dalam pelaksanaan vaksinasi booster ini telah menyiapkan tenaga kesehatan (nakes) di Kota Pahlawan. "Teman-teman sudah siap. Insya allah vaksin booster ini gratis," kata Wali Kota Eri, Rabu (12/1/2022).

Data Dinas Kesehatan Surabaya, vaksinasi booster tahap awal juga diberikan lansia, tenaga pendidik, pelayan publik dan kelompok rentan lainnya.

Kepala Dinkes Kota Surabaya, Nanik Sukristina mengatakan, diselenggarakannya vaksinasi booster ini sesuai dengan arahan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. "Untuk Kota Surabaya kita sudah memulai hari ini,” kata Nanik, Rabu (12/1/2022).

Di tahap awal, Nanik menerangkan bahwa vaksinasi dipusatkan di 12 Puskesmas. Jenis vaksin yang digunakan di antaranya, vaksin Astra Zeneca (AZ) dengan total 680 sasaran.

"Kami juga menggunakan vaksin Pfizer, dengan sebanyak 6.000 dosis untuk 12.000 sasaran.” terang dia.

Penerima vaksinasi booster harus memenuhi sejumlah persyaratan. Di antaranya, masyarakat yang telah mendapat vaksinasi dosis satu dan dosis dua. Ini
dibuktikan dengan membawa sertifikat vaksin dan fotokopi KTP.

"Vaksin dosis pertama dan dua bagi yang bersangkutan harus sudah dilakukan enam bulan sebelumnya. Jadi tidak semua bisa divaksin,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Ketabang Kali, Joyce Hestia mengatakan vaksin booster yang diselenggarakan hari ini diprioritaskan untuk lansia dan pasien rentan (komorbid). Sedangkan jenis vaksin yang digunakan adalah Astrazeneca.

"Lansia sama pasien yang rentan. Misal penyakitnya parah seperti stroke dan lain sebagainya," kata Joyce.

Joyce menjelaskan, penerima vaksinasi booster ini sebelumnya telah menerima pemberitahuan. Pihak kelurahan-kelurahan di Surabaya menyampaikan ke warga. 

Setelah menerima pemberitahuan, bagi lansia yang sudah menerima vaksin dosis satu dan dua jenis sinovac, diperbolehkan untuk hadir langsung ke puskesmas terdekat. "Untuk booster atau dosis tiga ini pakai Astrazeneca dengan setengah dosis," pungkasnya. (bob) 

Daftar 12 Puskesmas yang Suntikan Vaksin Booster bagi Lansia di Surabaya Pada Hari Pertama:

1. Puskesmas Wiyung

2. Puskesmas Lidah Kulon

3.Puskesmas Sidosermo

4. Puskesmas Benowo

5. Puskesmas Tanah Kali Kedinding

6. Puskesmas Tenggilis

7. Puskesmas Sememi

8. Puskesmas Sawahan.

9. Puskesmas Pegirian

10. Puskesmas Sidotopo

11. Puskesmas Putat Jaya

12. Puskesmas Krembangan Selatan

 

(Sulvi Sofiana)

Ikuti kami di
KOMENTAR
1835 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved