Rute Baru Sudah Dibuka Awal Tahun 2022, Penerbangan Sumenep - Banyuwangi Hanya Ditempuh 45 Menit

Penerbangan pesawat perintis langsung dari Sumenep menuju Banyuwangi dan rute sebaliknya (pp) sudah resmi dibuka.

Editor: sulvi sofiana
SURYA/ALI SYAHBANA
Wakil Bupati Sumenep, Dewi Khalifah melambaikan tangan dalam peresmian penerbangan pesawat perdana Sumenep - Banyuwangì di Bandar Udara Trunujoyo. 

SURYA Wiki, Sumenep - Kabar gembira untuk masyarakat Sumenep, Madura baik daratan maupun kepulauan yang ingin bepergian ke- Banyuwangi.

Penerbangan pesawat perintis langsung dari Sumenep menuju Banyuwangi dan rute sebaliknya (pp) sudah resmi dibuka.

Pembukaan penerbangan perdana itu dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sumenep, Dewi Khalifah di Unit Bandar Udara Trunujoyo Sumenep pada hari Selasa (11/1/2022) pukul 13.15 WIB.

Pesawat Cessna C208B Grand Caravan milik Susi Air itu melesat ke- udara perdana rute Sumenep-Banyuwangi yang ditempuh hanya 45 menit.

"Semoga penerbangan perintis rute Sumenep - Banyuwangi dan sebaliknya ini mendapat respons positif dari warga Sumenep," kata Dewi Khalifah.

Tujuan dari Sumenep - Banyuwangi itu katanya, merupakan jalur baru penerbangan pesawat perintis yang digagas Kementerian Perhubungan pada tahun ini.

Kalau sebelumnya, yang biasa menjadi bagian dari jalur penerbangan pesawat perintis diantaranya, Sumenep - Pagerungan dan sebaliknya (salah satu pulau di Sumenep). 

Selain itu, Bawean - Sumenep dan sebalinya. Surabaya - Bawean dan Bawean - Surabaya.

"Dibukanya penerbangan Sumenep – Banyuwangi yang hanya membutuhkan waktu 45 menit," tuturnya.

Penerbangan pesawat ini katanya, tentu saja tidak hanya tugas semata dan diharapkan bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan kemudahan dan kecepatan dalam perjalanan antar kota.

"Ini menjawab kebutuhan masyarakat dalam mempermudah dan mempercepat akses perjalanan dari Sumenep - Banyuwangi," kata Ketua Muslimat NU Sumenep ini.

Jika perjalanan melalui jalur darat ke-  Banyuwangi katanya, bisa membutuhkan waktu yang cukup lama hingga sampai 12 jam. Namun, sampaikan sekarang Sumenep – Banyuwangi hanya membutuhkan waktu 45 menit saja," katanya.

Maskapai penerbangan Susi Air kata orang nonor dua di lingkungan Pemkab Sumenep ini, akan melayani penerbangan rute Sumenep – Banyuwangi dengan menggunakan pesawat Cessna Grand Caravan yang  berkapasitas 12 orang penumpang.

Dalam seminggu katanya,
Durasi penerbangan di Bandar Udara Tnojoyo Sumenep tersebut untuk melihat respon masyarakat.

"Nanti, akan ditambah frekuensi penerbangannya menjadi 2 sampai 3 kali penerbangan dalam seminggu. Otu harus  sesuai kebutuhan masyarakat," ungkapnya.

Pihaknya berharap dengan dibukanya rute penerbangan perintis Sumenep – Banyuwangi akan berdampak kepada peningkatan di bidang pariwisata. 

"Kita banyak potensi destinasi wisata, baik wisata budaya, kuliner, maupun kerajinan dan UMKM yang dapat dipromosikan agar nantinya bisa menarik para wisatawan hadir ke- Bumi Sumekar," katanya.

(Ali Syahbana)

 

Ikuti kami di
KOMENTAR
1839 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved