Prof M Din Syamsuddin Soroti Lingkungan Muhammadiyah Untuk Sekolah Unggul di Era Society 5.0

Prof Dr M Din Syamsuddin MA menyoroti lingkungan Muhammadiyah yang menjadi dasar dari sekolah yang unggul di era society 5.0.

Editor: sulvi sofiana
SURYA/SULVI SOFIANA
Prof M Din Syamsuddin dalam dialog pendidikan di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya 

SURYA WIKI, Surabaya - Prof Dr M Din Syamsuddin MA menyoroti lingkungan Muhammadiyah yang menjadi dasar dari sekolah yang unggul di era society 5.0.

Hal ini diungkapkan Prof Din dalam dialog pendidikan di SMA Muhammadiyah 2 (Smamda), Kamis (22/12/2022).

Dialog yang digelar di lantai 6 Tower Smamda ini diikuti para siswa dan orang tua wali murid.

Prof Din yang juga mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini, menyakini kalau Smamda Surabaya, merupakan contoh sekolah unggul dengan lingkungan Muhammadiyah di era society 5.0. 

Hal ini terbukti dengan berbagai prestasi para siswa Smamda Surabaya baik di bidang akademik maupun non akademik.

“Saya memberikan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada Keluarga Besar Smamda Surabaya atas segala prestasi dan raihan dalam bidang akademik, non akademik, seni budaya dan olahraga. Ini bisa menjawab tantangan itu,” tutur Prof Din yang juga, pendiri dan pengasuh PMI Dea Malela.

Sementara itu, tantangan pendidikan di era society ini dikatakan Prof Din sudah berlangsung di Negara Jepang. 

Meski di Negara Indonesia masih dikatakan di tahun 2045 baru akan berlangsung. Tetapi hal ini sudah melanda dunia dengan adanya perkembangan teknologi informatika.

”Dan kita baru memasuki era digitalisasi,” tambahnya.

Prof Din mengakui peradaban manusia tak terelakkan akan menjadi peradaban yang canggih. Dari sudut teknologi, manusia bisa menciptakan wakil – wakil dirinya.

“ Muhammadiyah harus bisa berfikir dan merumuskan ide yang diatas semua itu. Yang bersifat transendental tapi menukik di bumi. Dalam arti manusia harus tetap berpegang teguh dengan pencipta tetapi juga tetap mengembangkan potensi diri,” tandasnya.

Kepala Smamda Surabaya, Ustadz Astajab MM menegaskan, pihaknya sudah siap menghadapi tantangan pendidikan di era society 5.0 ini. 

Untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di tingkat internasional. Tentu saja hal ini diperlukan persiapan yang sangat matang.

“Maka kini Smamda Surabaya berupaya keras mengantarkan para siswa agar memiliki kecerdasan di bidang akademik dan nonakademik. Tentu kami selalu memberikan pembiasaan karakter yang kuat dalam pembinaan keIslaman.

Dan kami optimis siswa lulusan Smamda akan menjadi generasi kuat, unggul dan mampu menghadapi persaingan global. Dan tentu saja lulusan Smamda harus menjadi anak yang sholeh dan sholihah,” harap Ustadz Astajab.

Ikuti kami di
KOMENTAR
2088 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved